Inilah Kriteria Tas Sekolah yang Tepat untuk Anak Anda

Sebentar lagi sudah masuk tahun ajaran baru. Pasti kini banyak sekali orang tua yang sedang mempersiapkan keuangan untuk bisa melengkapi segala kebutuhan sekolah anak. Selain buku, alat tulis hingga sepatu, tas sekolah juga merupakan benda penting yang harus dimiliki anak. Dengan memiliki tas yang bagus, maka dijamin anak akan semakin semangat untuk bersekolah. Tetapi ada baiknya jika Anda sebagai orang tua juga mampu memilihkan tas yang tepat untuk si kecil.

Memang kini banyak sekali jenis tas yang sudah muncul di pasaran dengan desain unik hingga warna yang ceria. Memang Anda boleh menyerahkan pemilihan tas kepada anak, namun ada baiknya jika Anda juga mempertimbangkan dari segi kesehatan anak. Apa hubungannya tas dengan kesehatan? Mungkin pertanyaan ini yang ada di benak Anda. Perlu diketahui jika tas yang tidak tepat akan memberikan resiko anak terkena skoliosis, keseleo, tegang pada bahu dan punggung hingga memar mengingat struktur tulang anak yang masih lebih lembut dibanding orang dewasa. Hal ini tentu akan mempengaruhi juga pada pertumbuhan anak.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana memilih model tas sekolah yang tepat untuk anak dengan tips berikut ini:

  • Pertama Anda perlu mempertimbangkan kualitas dari tas itu sendiri mulai dari jahitan, bahan dan kekuatan tas ketika membawa barang anak untuk ke sekolah. Selain itu cek juga ke bagian penting yaitu bagian selempang dimana selempang haruslah empuk sehingga anak bisa nyaman ketika memakainya.
  • Dibanding memilih tas dengan satu selempang, ada baiknya memilih yang berbentuk ransel atau dua selempang sehingga beban bisa terbagi ke kedua bahu dan seimbang.
  • Tas tersebut juga di bagian belakangnya harus bisa dilapisi dengan bantalan empuk sehingga kenyamanan anak akan tetap terjamin. Selain itu, hal ini pun akan menjaga anak dari benda tajam di dalam tas misalnya saja pensil, pulpen hingga ujung penggaris.
  • Bila perlu, ada baiknya jika tas dilengkapi dengan tali ikatan pada pinggang karena hal ini akan mampu membantu dalam penyebaran beban tas ke tubuh anak.
  • Tas dengan banyak saku di bagian dalam juga akan lebih menjadikan anak pandai dalam mengatur dan memanage segala isi tas tersebut. Namun hal ini memang sesuai selera saja.

Itulah beberapa pertimbangan yang perlu Anda pikirkan ketika memilih tas sekolah untuk anak. Kini sudah banyak tas yang tersedia dan sesuai dengan kesehatan anak sehingga lebih mudah untuk didapatkan. Ada baiknya jika Anda juga memperhatikan terkait keseluruhan isi tas anak agar tidak terlalu berat. Jika memang isinya banyak, maka bagi ke tas tangan lainnya sehingga seluruh beban tidak bertumpu ke bahu seluruhnya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *