Inilah Ciri-ciri Gelang Kokka Asli yang Perlu Anda Ketahui

Gelang merupakan sebuah aksesoris yang banyak digunakan untuk menambah menarik penampilan. Namun ada juga gelang khusus yang digunakan untuk tujuan lain misalnya melindungi diri dari pengaruh buruk ataupun untuk tujuan lainnya. Gelang seperti ini mungkin tidak terbuat dari batu mulia ataupun permata yang mahal namun juga memiliki harga tinggi karena sulitnya material yang dibutuhkan, pengerjaannya dan manfaatnya. Salah satu contoh gelang dengan tujuan khusus adalah gelang kokka yang terbuat dari kayu kokka.

Inilah Ciri-ciri Gelang Kokka Asli yang Perlu Anda Ketahui

Kayu kokka dipercaya sebagai kayu tertua yang ada di dunia. Jenis kayu ini jugalah yang digunakan oleh para nabi misalnya Nabi Nuh untuk membuat bahtera dan Nabi Musa sebagai tongkat kayu Beliau. Karena dekat dengan sejarah muslim, kayu kokka banyak digunakan untuk berbagai atribut oleh orang muslim termasuk dijadikan gelang. Terbuat dari kayu kokka yang kuno, gelang ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan gelang kayu lainnya. Hal ini juga dipengaruhi oleh ketersediaan pohon kokka yang semakin jarang ditemukan. Saat ini saja pohon kokka hanya ada di Iran, Nigeria, Madagskar dan Turki serta beberapa negara Islam lainnya.

Karena dipercaya memiliki manfaat spiritual, gelang ini bisa digunakan untuk pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak. Bentuknya sederhana karena terbuat dari kayu dan jauh dari kesan mewah. Meski begitu karena manfaatnya, banyak gelang-gelang palsu yang ingin dijual sebagai gelang kokka. Hal ini bisa merugikan calon pembeli yang kurang paham mengenai ciri khas kayu kokka asli. Jika Anda tertarik untuk memiliki dan mengenakan gelang asli kokka ini, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu ciri-cirinya sehingga bisa memilih mana yang asli dan mana yang tiruan. Berikut ini adalah cirinya untuk Anda:

  1. Kokka baik kayu maupun buahnya akan tenggelam jika dimasukkan dalam air. Anda bisa menggunakan ciri ini untuk membedakan gelang asli dengan gelang kayu biasa.
  2. Baik kayu dan buahnya selalu memiliki wangi khas kokka yang tidak bisa ditiru dengan wewangian modern.
  3. Kayu kokka jika dimasukkan dalam minyak goreng, minyak kemiri ataupun minyak non alkohol akan berubah warna menjadi coklat tua hingga kehitaman.
  4. Memiliki suara khas jika Anda membenturkan biji kayu kokka ke sesamanya.
  5. Warna kayu kokka tak akan luntur selamanya, justru akan semakin coklat atau menghitam.

Baca juga Pilihan Model Gelang Couple yang Sedang Ngetrend Saat Ini

Untuk menghindarkan Anda dari membeli gelang kokka palsu yang sekarang ini lebih banyak diedarkan, sebaiknya Anda hanya membeli gelang ini di tempat-tempat khusus yang terpercaya salah satunya adalah toko perlengkapan muslim seperti pada toko oleh-oleh haji. Lakukan tes kecil untuk mengetahui kualitas gelang dengan cara-cara tersebut di atas sehingga Anda bisa langsung mengetahui apakah gelang tersebut palsu atau asli sehingga bisa memutuskan apakah akan membeli atau tidak.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *