Inilah Alasan Mengapa Anda Tak Harus Selalu Ikuti Fashion Terbaru Hanya untuk Mengejar Gengsi

Dunia fashion merupakan dunia yang selalu berkembang dan berputar seiring dengan berubahnya waktu. Kadang fashion yang sudah berpuluh tahun lalu pun bisa jadi tren di tahun mendatang. Hal ini memang fashion berkembang, namun juga berputar. Bagi para pecinta fashion, mungkin mengikuti fashion terbaru yang tren seolah sudah jadi hal yang wajib demi menunjang popularitas diri. Meski begitu, tidak semua orang harus mengikuti fashion hanya karena mengedepankan gengsi lantaran sesungguhnya hal ini tidak ada untungnya sama sekali.

Pada dasarnya manusia memang adalah makhluk sosial sehingga membutuhkan orang lain. Meski begitu, gengsi berbeda dengan bersosialisasi karena gengsi tidak bisa jadi perwujudan diri. Mengikuti fashion terus menerus demi gengsi pun tidak perlu Anda lakukan demi mendapat pengakuan orang lain. Berikut ini alasannya:

  • Bijak dalam pengelolaan keuangan

Dibandingkan memakai uang yang sudah dicari dengan kerja keras hanya demi mendapatkan perhatian dan pujian orang lain yang terkadang tidak tulus pada diri Anda, alangkah baiknya jika Anda lebih memikirkan uang tersebut untuk masa depan. Ya, menabung atau berinvestasi akan lebih disarankan sehingga bisa lebih siap menghadapi keuangan di masa depan.

  • Gengsi hanyalah sebuah kepuasan sementara

Gengsi yang tinggi dengan menggunakan item fashion terbaru mungkin bisa membanggakan diri Anda. Namun ingat jika hal ini tidak selamanya. Gengsi hanyalah perwujudan kebahagiaan sementara saja ketika Anda dapat pujian dari orang lain. Namun kadang justru orang lain pun bahkan tidak memperhatikan hal tersebut. Jadi buat apa ingin dapat pujian orang lain?

  • Gengsi tidak membuat Anda untung

Apakah dengan mengedepankan gengsi Anda bisa kaya? Apakah dengan mengedepankan gengsi maka Anda bisa punya banyak teman? Coba renungi kembali karena gengsi justru membuat Anda hidup dengan boros. Lihat juga sekeliling Anda, apakah Anda punya teman yang memang benar berteman dengan Anda saat Anda “terlihat keren” atau ketika Anda berpenampilan apa adanya?

  • Gengsi tinggi = hutang menumpuk

Kadang demi mendapatkan perhatian dan pujian dari teman dan lingkungan maka Anda mampu melakukan segala cara. Salah satunya adalah dengan berhutang demi bisa membeli produk terbaru yang sedang tren. Sekali, dua kali mungkin masih tidak mengapa. Namun jika Anda sudah terlalu sering berhutang maka jangan heran jika Anda akan dikejar penagih hutang.

Itulah beberapa alasan mengapa gengsi terlalu tinggi demi jadi hamba fashion terbaru tidaklah penting. Jadi lebih baik simpan uang Anda untuk hal yang lebih bermanfaat mengingat hidup masih panjang. Selain itu fashion bukan semata mengenakan produk yang rilis terbaru saja, namun juga lebih kepada kesesuaian yang dikenakan dan pembawaan diri.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *