Inilah 4 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Merawat Baju Batik Tulis

Batik pada dasarnya memang merupakan kain tradisional khas Indonesia yang digunakan untuk pakaian sehari-hari masyarakat zaman dahulu, namun seiring dengan perkembangan zaman dan masuknya budaya-budaya luar negeri, maka kain yang satu ini sekarang lebih identik digunakan sebagai pakaian-pakaian untuk acara tertentu saja, misalnya baju batik yang lebih identik sebagai busana formal untuk kebutuhan bekerja ataupun digunakan pada acara layaknya pesta pernikahan.

 Setidaknya dengan menghindari 4 kesalahan di atas maka akan membuat baju batik tulis Anda tetap terjaga keawetannya. Model pakaian tradisional semacam ini agaknya tak akan pernah ketinggalan zaman digunakan

Meskipun juga tak bisa dipungkiri jika seandainya ada cukup banyak model yang dibuat khusus untuk busana sehari-hari. Belakangan ini jika dilihat juga kian banyak motif-motif batik baru yang ditampilkan ke pasaran. Jika berbicara mengenai harganya sendiri juga bervariatif, tergantung dari jenis kain batik yang digunakan juga. Ada jenis kain batik yang dibuat dengan cara menggambar atau batik tulis, harganya memang terbilang mahal dibandingkan dengan batik cap atau cetak yang produksinya mahal.

 

Baju batik tulis ini juga bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasaran, meskipun harganya tergolong mahal, namun sesuai dengan nilai artistik atau seni yang dituangkan di dalamnya, begitu pula dengan tampilannya yang lebih menarik. Hanya saja jika berbicara mengenai perawatannya lebih sulit dibandingkan dengan batik cat, karena warna terkadang mudah luntur, sehingga akan mudah kusam, hindari beberapa hal ini dalam perawatannya, yaitu:

 

  1. Asal memakai detergen untuk mencuci, batik tulis berbeda halnya dengan batik cap, ia terbuat dari cairan malam, ketika cairan ini terkena detergen biasa, maka akan mudah sekali luntur dan warnanya juga memudar. Untuk menyiasatinya sebaiknya Anda mencuci batik tulis memakai detergen khusus atau lerak, produk yang memang diciptakan untuk mencuci kain batik.
  2. Mencuci dengan memakai mesin, pencucian dengan menggunakan mesin sebaiknya juga dihindari, apalagi dicampur dengan pakaian yang lainnya, karena hal tersebut hanya akan membuat kain rusak, begitu juga dengan pakaian lain yang akan kelunturan warna, sebaiknya cuci secara terpisah.
  3. Menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung, cara menjemurnya juga harus diperhatikan, sebaiknya hindari menjemur batik ini di bawah terik matahari langsung karena akan merusak warna, lebih baik hanya diangin-anginkan sampai kering agar warna tetap terjaga.
  4. Menyimpannya di dalam lemari dengan kapur barus, hal ini berpotensi untuk membuat kain tersebut dimakan ngengat, tak hanya itu zat kimia dari kapur barus juga dapat merusak kain tersebut, sangat dianjurkan untuk menaruhnya kedalam sebuah plastik terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam lemari.

 Baca Juga : Tips Merawat Baju Batik Sebagai Salah Satu Warisan Budaya

Setidaknya dengan menghindari 4 kesalahan di atas maka akan membuat baju batik tulis Anda tetap terjaga keawetannya. Model pakaian tradisional semacam ini agaknya tak akan pernah ketinggalan zaman digunakan sampai kapanpun.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *