Ini Tips Menghilangkan Noda pada Kalung Perak

Perak merupakan salah satu logam mulia yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan perhiasan dan dikenal lebih cepat memudar dibandingkan logam lainnya. Hal ini terjadi karena perak mengalami reaksi kimia langsung ketika bersinggungan dengan udara maupun zat lain, misalnya klorin yang terdapat dalam air kran. Warna perak bahkan bisa sampai menghitam apabila dikenakan terlalu lama. Berbeda dengan karat pada noda emas, noda perak adalah korosi sehingga dapat dihapus dengan mudah. Jadi, tidak perlu khawatir apabila kalung perak kamu bernoda hitam.

Berikut adalah tips-tips yang dapat dicoba untuk membersihkan korosi pada  kalung perak, yaitu :

  • Pasta Gigi Tidak Hanya Untuk Gosok Gigi

Sebenarnya ada sebagian masyarakat yang meyakini bahwa pasta gigi dapat menghilangkan noda korosi. Kandungan zat pemutih dalam pasta gigi dipercaya dapat melepaskan senyawa-senyawa yang membuat hitam kalung perak. Siapkan saja pasta gigi lalu gosok perlahan dan setelah nodanya hilang, kamu bisa membilasnya dengan air hangat. Namun hati-hati dalam menggosoknya karena apabila terlalu keras dikhawatirkan malah menimbulkan goresan baru. Komposisi zat yang terdapat dalam pasta gigi juga sebaiknya jangan terlalu keras karena dapat menimbulkan kerusakan.

  • Campurkan Garam dan Baking Soda

Kamu bisa menyiapkan wadah kaca yang telah dilapisi kertas timah dan diisi air panas. Jangan lupa beri campuran garam sekitar 2 sendok teh dan baking soda secukupnya. Setelah itu, masukkan kalung perak yang bernoda pada wadah tersebut dan rendam sekitar 5-10 menit. Apabila noda telah hilang, bilas kalungmu dengan air dan keringkan.

Ini Tips Menghilangkan Noda pada Kalung Perak

  • Baking Soda Saja? Bisa!

Tanpa garam sekalipun, sebenarnya baking soda juga dipercaya dapat menghilangkan korosi. Caranya mudah, campurkan soda kue dan air sampai diperoleh krim yang kental. Kemudian oleskan pada noda perak dan bilas dengan air hangat. Keringkan apabila noda sudah menghilang.

  • Gunakan Pemoles Perak dan Kain Pembersih Khusus

Untuk membersihkan noda pada kalung perak, kamu bisa gunakan produk pemoles yang dijual di toko perhiasan ini. Tidak lupa, beli juga kain pembersih khususnya. Harganya pun terjangkau dan mudah ditemukan. Namun sebelum menggunakannya, tes terlebih dahulu pada satu titik kecil kalung perak untuk memastikan pemoles tersebut tidak akan menimbulkan kerusakan.

  • Bawa Saja ke Toko Perhiasan

Tidak punya waktu, tidak memiliki bahan, atau bahkan takut dalam melakukannya sendiri sering menjadi alasan pemilik kalung perak untuk melakukan tips terakhir ini. Selain merupakan cara yang paling mudah, membawa perhiasan perak ke toko juga dinilai paling aman karena ahli yang mengerjakannya.

Baca juga http://fashionities.com/

Nah, sudah mengerti tips-tipsnya? Silahkan dicoba. Noda korosi memang tidak bisa dihindari, tapi bukan berarti noda hitam tersebut tidak bisa hilang. Selain itu, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan dini dengan selalu membersihkan kalung perak kamu setiap malam setelah seharian digunakan untuk memperlambat korosi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *