Ini Dia Daftar Fashion Show Ternama di Dunia

Peragaan busana atau fashion show dilakukan oleh para designer untuk memperkenalkan produk yang ia produksi ke khalayak ramai. Peragaan busa tersebut bisa dilaksanakan di panggung catwalk atau di runaway. Saat peragaan busa dilangsungkan, para pengamat mode dunia akan tertuju pada baju yang dikenakan oleh para perancang baju dunia. Acara peragaan busa tersebut umumnya tidak hanya dihadiri oleh para kritikus mode namun juga para fashionista, wartawan mode, selebritis, dan fashion buyers.

Peragaan busana kelas dunia atau yang biasanya dikenal dengan fashion week dimana para designer kelas atas akan memamerkan baju buatannya. Fashion weeks tersebut diadakan 2 kali dalam 1 tahun yaitu di bulan Februari dan September serta mengikuti pergantian musim. Fashion week tersebut digelar di 4 kota yaitu Paris, New York, Milan dan London. Fashion week yang dulunya bernama Press Week dilangsungkan di New York tahun 1943 tersebut diselenggarakan di 5 kota besar dunia.

Pertama adalah New York Fashion Week di bulan Februari. Fashion show ini pertama kalinya diselenggarakan di tahun 1943 dan merupakan deretan pertama dari big four fashion week yang akan diselenggarakan pada bulan Februari dan September. Awalnya, New York Fashion Week diselenggarakan di Manhattan’s Bryant Park namun kemudian di sejak tahun 2010, peragaan busana ini dipindahkan ke Lincoln Center for Performing Arts.

Kedua adalah London Fashion Week. Peragaan busana ini pertama kali diselenggarakan adalah pada tahun 1984 dan diorganisir oleh British Fashion Council. Di peragaan busana dimakan ada 5000 orang hadir ini diselenggarakan di Somerset House. Mulai tahun 2012, di fashion week yang diselenggarakan di London ini mulai untuk memperkenalkan Men’s collection. Ketiga adalah Milan Fashion Week yang diselenggarakan pada bulan Januari. Pertama kali diselenggarakan adalah pada tahun 1958. Peragaan busana ini diorganisir oleh National Chamber for Italian Fashion dan menampilkan karya dari brand ternama seperti Gucci, Prada, Versace, Dolce&Gabbana.

Daftar fashion week ternama dunia yang menampilkan fashion show dari para designer kelas dunia yaitu:

  • Paris Fashion Week yang pertama kali diselenggarakan tahun 1973. Fashion week yang diorganisir oleh The French Fashion Federation ini termasuk rangkaian big 4 untuk fashion week dunia. Tempat diselenggarakan nya fashion week di Perancis ini adalah di Carrousel du Louvre.
  • Berlin Fashion Week yang mulai diselenggarakan pada tahun 2007. Rangkaian fashion week yang diselenggarakan di Berlin ini diadakan pada bulan Januari dan Juli yaitu sebelum diadakannya fashion Week big four (New York, London, Milan, Perancis). Jika di fashion week ‘big four’ menampilkan deretan produk fashion brand ternama, di Berlin Fashion week lebih mengarah ke tren ecological dan sustainable fashion serta mempromosikan sistem fair-trade practices.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *