Hijaber

Gaya Berpakaian Zaskia Adya Mecca

fashionities.com-gaya berpakaianSiapa yang tak kenal Zaskia Adya Mecca? Salah satu aktris Indonesia yang juga menjadi pioneer hijabers. Bisa dikatakan Zaskia memang menjadi artis muda pertama yang berani untuk tampil berbeda dengan berhijab serta memilih gaya berpakaian yang tertutup.

Zaskia menetapkan hati untuk berhijab ketika ia sedang berada di puncak karir, ini tentunya pilihan yang berani karena kala itu belum banyak artis yang berhijab, kalaupun ada, mereka adalah artis-artis senior seperti Inneke Koesherawati atau Desi Ratnasari.

Meski begitu, Zaskia tak gentar dengan pilihannya. Bahkan setelah ia berhijab, karirnya justru semakin merangkak naik dan gaya berpakaian Zaskia pun kini banyak diikuti oleh para hijaber.

Istri dari sutradara kenamaan Indonesia, Hanung Bramantyo ini memang memiliki ciri berpakaian yang khas, gaul, kekinian, namun tetap tertutup dan islami. Jika dulu busana muslim seringkali dikaitkan dengan jenis pakaian yang tidak modis, maka hal tersebut tidak akan didapatkan dalam penampilan Zaskia.

Zaskia yang berusia muda dan suka bereksperimen dengan penampilan sering memadu padankan beragam jenis pakaian. Dibandingkan mengenakan gamis, Zaskia lebih sering mengenakan celana, atasan, atau outer yang terbuat dari kaus dengan model yang lebih up to date.

Meski sudah memiliki tiga orang anak, tampilan Zaskia memang jauh dari kesan seorang ibu-ibu. Hal ini bukan hanya karena Zaskia pandai merawat tubuh, namun juga karena Zaskia berani tampil berani dengan memadupadankan gaya yang kekinian.

Baca juga:  Tips Model Baju Muslim Trendy Gaul untuk Remaja

Zaskia yang cenderung tomboy, membuatnya lebih nyaman mengenakan celana, selain itu ia pun seringkali mengenakan sepatu sneakers atau boot di setiap penampilannya. Jikalaupun mengenakan rok atau gamis panjang, agar terkesan gaul, muda, namun tetap syar’i, Zaski tetap mengenakan sepatu sneakers-nya.

Untuk celana sendiri, Zaskia juga sering mengenakan celana aladin atau celana balon yang memiliki potongan agak lebar dan menggelembung. Selain terlihat modis, juga tidak akan menampakkan lekuk tubuh pemakainya. Untuk atasan, Zaskia juga kerap menggunakan outer atau cardigan sehingga penampilannya trendy namun tetap simpel.

Kini, semakin banyak wanita yang mengenakan hijab dan semakin banyak pula tren-tren busana muslim yang bermunculan setiap tahunnya. Kebutuhan akan busana muslim yang lebih trendy dan disukai oleh anak muda pun dilihat oleh Zaskia sebagai peluang dakwah sekaligus peluang usaha. Oleh karena itu, selain menjadi seorang aktris, Zaskia juga menjadi seorang desainer busana dan membuat label bajunya sendiri bernama ‘Meccanism’.

Seperti halnya busana yang ia gunakan sehari-hari, baju-baju yang didesainnya pun bergaya casual dan cocok dikenakan oleh anak-anak muda yang ingin tampil trendi dengan busana yang tertutup.

Itulah gaya berpakaian a la Zaskia Adya Mecca yang bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda. Namun yang harus diingat, dalam berhijab, bukan hanya auratnya saja yang ditutup akan tetapi juga harus memperbaiki perilaku dan sikap dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *