Hijaber

Dua Model Gamis Untuk Pesta yang Membuat Penampilan Terlihat Elegant

Baju gamis adalah salah satu busana muslim untuk wanita dengan model terusan atau bagian atas dan bawah bentuknya lurus, panjang dan longgar sehingga terlihat syar’I menutupi bagian leher hingga ke mata kaki. Seiring dengan trand fashion busana muslim, baju gamispun mengalami perkembangan. Hal tersebut bisa dilihat dari beragam model gamis dan bahan yang digunakannya.

Berdasarkan etimologi kata gamis diambil dari bari bahasa Arab yaitu qomish yang artinya pakaian terusan mulai dari bagian atas tubuh sampai pertengahan kaki (betis) atau sampai ke mata kaki. Kata qomish kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi gamis.

Di Indonesia gamis identik dengan model baju kurung wanita yang menutupi hampir seluruh bagian tubuh. Dulu baju gamis bisanya digunakan oleh ibu-ibu yang menggunakan hijab, umumnya digunakan untuk berpergian. Bagi beberapa orang menggunakan gamis untuk berbusana muslim terkesan kuno, karena modelnya hanya itu-itu saja.

Kini, Anda bisa mendapatkan beragam model gamis yang bisa membuat penampilan terlihat modis, elegan dan anggun. Karena adanya inovasi tersebut, gamis tidak lagi menjadi pakaian muslim yang identik dengan ibu-ibu. Tidak sedikit para remaja dan orang dewasa menggunakan baju gamis diberbagai aktivitas.

Berikut adalah beberapa model baju gamis yang bisa Anda jadikan referensi dan inspirasi berbusana yang modis dan anggun.

Gamis Model Baju India

Daya tarik gamis model baju India adalah pada bagian selendang yang mirip kain sari. Perbedaannya adalah pada bagian lengannya. Model sari kain India biasanya transparan, sedangkan aplikasi pada baju muslim bahan yang digunakan tidak transparan dan lebih panjang hingga menutup telapak tangan atau sampai pergelangan tangan. Menggunakan model gamis ala India bisa dipadukan dengan hijab yang prakts dengan hiasan benang emas yang senada dengan aksen selendang atau hiasan yang terdapat di bagian gamis.

Model gamis ini cocok digunakan untuk acara formal atau pesta karena membaut tampilan lebih elegant namun tetap mengikuti syariat islam. Selain gamis model ala baju India, ada model lain yang cocok juga untuk acara formal yaitu gamis dengan hiasan brokat atau renda.

Gamis dengan Hiasan Renda dan Brokat

Kain brokat ternyata tidak hanya pantas sebagai bahan atau hiasan baju kebaya, namun bisa menjadi aksen hiasan untuk baju gamis modern. Ada model baju muslim yang brokatnya di simpan dbagian bawah gamis, bagian tepi hijab atau dengan renda yang membuat tampilan gamis begitu mempesona dan elegant.

Agar gaya berbusana muslim terlihat lebih cantik, gunakan asesoris yang senada dengan warna dan model gamis yang Anda gunakan. Misalnya: jika Anda menggunakan gamis dominan warna kream dengan hiasan brokat atau renda berwarna emas, bisa gunakan sepatu warna emas/ coklat high heels model selop atau tali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *