Dapatkan Tas Gunung yang Tepat dengan Tips Berikut Ini!

Jika Anda berencana untuk mendaki gunung atau bepergian dengan cara backpacker, maka Anda pasti akan butuh tas besar yang mampu menampung semua kebutuhan selama bepergian tersebut. Tas gunung atau tas carrier biasa dipilih dalam hal ini karena memiliki ukuran besar dengan desain yang tepat untuk diajak bepergian kemanapun. Jika Anda belum memilikinya, maka Anda bisa segera ke toko tas dan memilih-milih mana tas carrier yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengingat harga tas carrier itu sendiri tidaklah murah, tentu memilih tas yang terbaik harus menjadi pilihan. Berikut ini beberapa tips dalam memilih tas carrier yang Anda butuhkan:

  • Pilih brand berkualitas

Kini sudah banyak sekali tersebar tas carrier di toko-toko tas baik dari yang berkualitas baik, hingga kualitas abal-abal sekalipun. Jika Anda ingin kemudahan dalam memilih, ada baiknya Anda memilih merek-merek ternama untuk tas tersebut karena kualitasnya sudah terbukti terjamin. Memang harganya lebih mahal dibanding tas carrier lainnya, namun tas ini bisa Anda jadikan sebagai investasi tepat mengingat akan sering digunakan sehingga tahan lama karena kualitasnya yang terbaik. Beberapa merek yang bisa dipilih diantaranya Eiger, REI, Consina dan lainnya.

  • Perhitungkan fungsinya

Selanjutnya adalah dari segi fungsi. Pada dasarnya ada jenis tas gunung untuk mendaki gunung khusus ada juga tas carrier yang memang ditujukan untuk wisata kota. Jika Anda memilih tas carrier keduanya pun juga ada sehingga Anda bisa menentukan fungsi tepatnya. Nantinya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penggunaan dan daya tahannya.

  • Kapasitas

Ukuran tas tersedia dalam kapasitas yang berbeda-beda. Anda harus bisa menentukan kapasitas yang tepat dimana tidak kekecilan namun juga tidak kebesaran. Biasanya untuk waktu perjalanan atau pendakian 1 hingga 3 malam adalah dengan ukuran 35 sampai 50 liter, sedangkan untuk yang 3 sampai 5 malam kapasitasnya adalah 50 sampai 80 liter. Namun jika Anda ingin mendaki atau bepergian lebih dari 5 malam, maka ukuran 80 liter lebih akan disarankan.

  • Berat badan pengguna

Setiap ransel memiliki berat yang berbeda-beda sehingga Anda wajib bisa mempertimbangkan ransel dengan bobot seberapa yang pas untuk Anda. Tidak perlu terlalu bernafsu memiliki tas besar jika bobot dan tubuh Anda tidak kuat dalam membawanya. Selain itu, menyesuaikan berat ransel akan berpengaruh pada ukuran punggung Anda dimana nantinya juga akan menyesuaikan kekuatan Anda.

Itulah beberapa tips dalam memilih tas gunung yang tepat untuk Anda. Selain itu, jika memungkinkan pilih tas carrier yang sudah ada cover tambahan berupa anti air di dalamnya sehingga aman dari hujan dan Anda tidak perlu membeli secara terpisah.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *