Tips

Cermat Menerapkan Gaya Berbusana Supaya Nyaman untuk Diri Sendiri dan Orang Sekitar

fashionarsis.com-gaya-berbusana

Menilai seseorang bisa berawal dari gaya berbusana dalam keseharian, sebab gaya dalam memilih busana menyesuaikan dengan karakter orang tersebut. Maka, tidak terlalu berlebihan apabila Kita sedikit berhati-hati dalam mengekspresikan gaya fashion Kita. Sebagai masyarakat yang tinggal di negara dengan kebudayaan Timur yang kental, tentu dalam berbusana Kita mengenal beberapa pakem dasar. Ketika keluar dari pakem tersebut maka menjadikan Kita melanggar sebuah norma yang selama ini dipegang teguh.

Kiat Memilih Gaya dalam Berbusana yang Diterima Masyarakat

Meski menjadi diri sendiri selalu lebih baik, namun ada kalanya Kita harus lebih bijak dan dewasa untuk melihat penilaian orang lain. Hidup normal tidak selalu membebaskan diri dalam berkata-kata, berpakaian, bertingkah, dan lain sebagainya. Mematuhi aturan yang berlaku secara kasat mata di masyarakat setidaknya mampu mengarahkan Kita menjadi pribadi yang lebih baik. sebab menghargai keyakinan orang sekitar dan membantu mereka mendapatkan pemandangan yang memang dikatakan sopan.

Berikut beberapa kiat yang bisa dicoba untuk memilih gaya dalam berbusana yang membuat nyaman diri sendiri sekaligus orang sekitar:

  • Gunakan warna baju yang mudah diterima mata,

Tampil berani dengan baju-baju berwarna mencolok memang sah saja dilakukan, namun pastikan dipadukan secara apik dan seimbang. Apabila tidak memiliki keahlian memadukan warna busana supaya terlihat manis dan menarik. Maka, mengapa tidak memilih langkah aman saja? Yakni dengan memilih warna-warna yang mudah diterima mata. Misal daerah Anda sering bertemu orang berbusana warna gelap, maka tak mengapa mengikuti pilihan warna tersebut, dan sebaliknya.

  • Memilih ukuran yang pas di badan,

Baju dengan ukuran pas disini, maksudnya bukan yang melekat pas di badan atau terlalu ketat, pas artinya tidak kebesaran sehingga kedodoran. Ataupun terlalu kekecilan sehingga setiap lekuk tubuh terlihat dengan mudah, sebab akan mengundang protes di tempat umum. Protes terhadap gaya berbusana yang dipilih bisa hadir dalam beragam bentuk, bisa ditegur langsung, mendapatkan tatapan yang menghina, dan lain sebagainya. Maka, ketahui dengan baik ukuran tubuh dan sesuaikan ukuran baju yang dibeli.

Baca juga:  Busana Muslim Atasan Untuk Remaja Trendy dan Gaul

  • Paham bagian tubuh mana yang perlu ditutup dan sebaliknya,

Point satu ini menjadi pertimbangan paling penting dalam memilih busana yang akan dikenakan di berbagai kesempatan. Apabila memang memiliki kepribadian menggunakan baju yang terbuka, Kita perlu berpikir ulang. Apakah dengan baju tersebut Kita sudah merasa nyaman jika berada di tempat umum, atau justru sebaliknya. Masyarakat Kita lebih menyukai orang yang menggunakan busana tertutup, dalam artian tidak terlalu terbuka dan mengundang pikiran negatif.

  • Permanis penampilan namun tidak terlalu heboh,

Menghias diri selain dengan busana yang terlihat manis di badan, juga bisa menambahkan aksesoris. Namun pilihan ini bukan tanpa konsekuensi, Kita harus cermat dalam memilih aksesoris yang tepat dengan melihat beberapa hal. Misal mempertimbangkan potongan busana, warna, model, dan lain sebagainya supaya penampilan terlihat manis dan seimbang. Tidak terlalu berlebihan, sebab tampil terlalu heboh akan mengundang perhatian dan juga pemikiran yang negatif.

  • Konsep busana sesuai acara,

Saat berada di dalam rumah tentu Kita akan menggunakan baju yang memang cocok sebagai busana rumahan. Sebaliknya, saat menghadiri acara penting dan sifatnya resmi, atau sekedar jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Maka Kita memerlukan busana yang berbeda, maka cermati apakah jenis busana yang dipilih sesuai dengan konsep acara yang dihadiri sehingga gaya berbusana terlihat memikat, meski sederhana.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *