Cara Perawatan Celana Chino yang Perlu Anda Ketahui

Tidak hanya pakaian wanita, nyatanya pakaian pria juga mengalami perubahan yang sesuai dengan adanya perkembangan zaman. Meski pun jenis pakaian pria terlihat seperti hanya itu-itu saja, namun pakaian mereka pun terus berubah. Salah satu tren berpakaian yang sempat menjadi suatu tren yang digandrungi para pria Indonesia adalah celana chino. Celana ini terbuat dari bahan katun, namun memiliki desain yang menyerupai celana jeans dengan versi lembutnya. Meski tidak seperti jeans, celana jenis ini juga memiliki warna yang rentan pudar, untuk itu Anda perlu merawatnya dengan baik dan benar agar warnanya tetap seperti sedia kalanya. Untuk itu, Anda harus mengetahui beberapa hal di bawah ini agar celana tersebut dapat dipakai untuk waktu yang lama.

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah cara penggunaan jenis celana tersebut. Berikut ini adalah beberapa caranya:

Cara Perawatan Celana Chino yang Perlu Anda Ketahui

  • Celana tersebut jangan dicuci terlalu sering, jika demikian, maka warna pada celana tersebut akan cepat luntur.
  • Sehabis memakainya, ada baiknya untuk menggantungnya saja atau menjemurnya agar tidak terdapat lagi bakteri dan juga kuman yang menempel pada celana. Jangan dijemur pada sinar matahari langsung, namun angin-anginkan sudah cukup untuk membuat celana tersebut terbebas dari jamur. Jika perlu, berikan pewangi agar tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Berikutnya, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara membersihkan serta mencuci celana chino yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara-caranya:

  • Jika hanya untuk sekedar membersihkan untuk menghilangkan noda atau menghilangkan jamur, Anda bisa membersihkannya dengan alkohol yang dioleskan pada kapas dan di gosokkan pada bagian yang kotor dan diakhiri dengan dibasahi air.
  • Jika ada noda di celana, Anda hanya perlu menggosoknya dengan handuk putih yang dipercaya sangat efektif dalam menyerap noda-noda.
  • Setelah celana terlihat lebih bersih, Anda bisa memberikan sedikit detergen pada noda tersebut dan rendamlah menggunakan air hangat.
  • Untuk mencuci, gunakan detergen bubuk atau cair saja. Setelah itu, jemur dengan terkena sinar matahari agar celana cepat kering.

Setelah itu, Anda pun bisa menyetrikanya dengan cara berikut:

  1. Baliklah celana tersebut agar panas yang keluar dari setrika tidak menempel pada permukaannya.
  2. Mulailah dari bagian pinggang ketika belum terlalu panas.
  3. Lanjutkan ke saku belakang dan juga saku samping.
  4. Setelah itu, Anda bisa menyetrika seluruh bagiannya. Ikuti cara tersebut jika Anda ingin warnanya tidak cepat pudar.

Baca Juga 4 Tips Pintar Memilih Celana Chino di Tempat Belanja Langganan

Setelah mengetahui cara menggunakan, mencuci dan membersihkan, dan cara menyetrikanya, ketahui juga cara menyimpan celana chino yang baik dan benar adalah dengan cara dilipat dan juga digantung. Memang yang paling baik adalah digantung agar celana tidak lecek. Jika ingin dilipat, ada baiknya untuk melipat celana tersebut dengan rapi dan teratur. Selain itu, jangan langsung melipat celana tersebut sehabis disetrika, tunggu sebentar hingga dingin baru lipatlah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *