Cara Menjaga Kemeja Putih Agar Tak Cepat Kusam

Memiliki warna busana favorit akan membuat Anda lebih sering menggunakannya dibandingkan dengan pakaian berwarna lainnya. Selain itu pakaian akan juga lebih sering digunakan jika merupakan suatu pakaian seragam atau memiliki peraturan untuk wajib menggunakannya di waktu-waktu tertentu. Salah satu contohnya adalah kemeja putih yang dari sekolah dasar hingga sekolah atas merupakan seragam atasan yang sering digunakan. Bagi Anda yang tak berhati-hati menjaga kebersihannya, seragam putih akan lebih cepat kotor. Jika kotor maka pastinya baju akan lebih sering dicuci yang membuatnya memiliki resiko lebih cepat pudar.

 Cara Menjaga Kemeja Putih Agar Tak Cepat Kusam

Meski warna putih merupakan simbol kebersihan namun warna ini juga akan cepat mencerminkan kotoran yang melekat padanya. Karena itulah para ibu sering mencuci pakaian berwarna putih meski hanya memiliki noda kecil saja. Seragam sekolah dan kemeja kerja berwarna putih menjadi cucian wajib setiap hari untuk memastikan seragam anggota keluarga tetap bersih dari noda. Akan tetapi membersihkan pakaian berwarna putih dengan cara yang salah juga justru bisa membuat warnanya cepat pudar menjadi lebih buram ataupun kekuningan. 

Bagi Anda yang banyak memiliki koleksi pakaian berwarna putih dan selalu ingin pakaian tersebut bersih serta tak cepat pudar warnanya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan baik saat menggunakannya maupun saat pencucian:

  1. Hindari penggunaan bahan kimia saat menggunakan kemeja putih seperti deodoran ataupun parfum. Bahan kimia jika terlalu lama menempel pada baju berwarna putih akan meninggalkan noda kekuningan.
  2. Jika seragam atau kemeja berwarna putih yang sudah digunakan terdapat noda, segera cuci menggunakan sedikit detergen agar tak membuat warnanya cepat pudar. Anda juga bisa mengganti detergen dengan air rendaman lemon ataupun baking soda jika kotoran terdapat pada bagian kerah.
  3. Pakaian berwarna putih jika dicuci terlalu sering menggunakan detergen akan tetap pudar. Karenanya setelah digunakan, langsung rendam pakaian putih dengan air lemon atau air hangat untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel.
  4. Hindari menjemur dan menyetrikan pakaian putih dalam suhu terlalu panas dan waktu terlalu lama.
  5. Bekas lipatan baju yang lama juga bisa meninggalkan noda kuning dari debu. Karenanya sebisa mungkin, gantung pakaian berwarna putih menggunakan capstok dan simpan pada tempat yang bersih.

 Baca juga artikel menarik lainnya di fashionities.com

Tips-tips di atas jika Anda lakukan akan bisa menghindarkan kemeja putih yang dimiliki dari pemudaran lebih cepat akibat pemakaian yang salah dan cara cuci yang kurang tepat. sebaiknya selalu menyediakan baking soda untuk mencuci pakaian berwarna putih dari kotoran membandel sehingga Anda tak perlu menyikatnya. Jagalah kebersihan terutama sekali ketika menggunakan pakaian berwarna putih agar tak terkena noda yang bisa membuat warna putih kotor dan cepat pudar.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *