Cara Membuat Pola Rok dengan Langkah yang Mudah

Rok memang identik dengan wanita, yang mana setiap wanita tentu memiliki jenis pakaian yang satu ini. Karena memang rok wanita selalu menampilkan kesan yang feminim serta modis, yang mana dalam hal ini rok banyak diminati oleh para wanita. Sehingga bagi para wanita yang tidak ingin memiliki rok pasaran atau rok yang banyak dimiliki para wanita lainnya, maka tidak jarang diantara para wanita yang memutuskan untuk membuat pola rok yang sesuai dengan keinginannya dan yang tentu tidak akan banyak dijumpai di pasaran.

Memang pada kursus tata busana atau menjahit pelajaran membuat rok merupakan suatu hal yang selalu di ajarkan, sedangkan dalam hal membuat pola pada rok pun dapat di katakan susah-susah gampang, oleh sebab itulah sebelum kamu ingin membuat pola untuk rok, maka pastikan bahwa kamu telah mengerti beberapa hal yang terkandung didalamnya. Karena selain rok wanita memiliki banyak model, maka pembuatan rok wanita pun juga ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan, yaitu sebagai berikut ini:

Baca juga:  Membuat Dasar Pola Rok

  • Lingkar pinggang.

Cara mengukurnya, diukur pada perut terkecil dan melingkar pas dan kemudian di tambahkan dengan 1 cm.

  • Tinggi pinggul.

Ukur dari batas pinggang menurun hingga batas pada pinggul terbesar.

  • Lingkar pinggul.

Diukur melingkar pada bagian pinggul terbesar, beri kelonggaran 4 hingga 6 Cm, namun hal ini dapat di sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Panjang rok.

Pada pola rok bagian ini diukur dari atas pinggang menurun hingga ke bawah sampai batas pada panjang yang diinginkan.

Berikut ini caranya:

  1. Pilihlah bahan.
  2. Ukurlah bagian-bagian dari tubuh kamu yang harus ukur.
  3. Potong kain serta karet yang nantinya akan digunakan di bagian pinggang.
  4. Jahitlah pada garis-garis dari sisi kain.
  5. Jangan lupa untuk membuat tempat karet pada rok kamu.

Memang mengikuti pada gaya fashion memang tidak harus dengan membeli pakaian yang mahal, karena jika kamu bisa membuatnya sendiri dengan model yang sesuai dengan yang kamu inginkan pun maka kamu dapat menciptakannya sesuai dengan keinginan kamu, selain itu pun pakaian yang kamu kenakan pun tidak akan terlihat pasaran, karena jika membeli rok di toko-toko pakaian, maka hal ini akan memiliki bentuk, jenis dan warna yang sama, tentu wanita mana pun tidak ingin jika pakaian yang dikenakannya ada yang menyamai.

Untuk menghindari hal tersebut, maka kamu dapat membuat rok hasil sentuhan tangan kamu sendiri, yang mana kamu dapat membuat pola rok sesuai dengan yang kamu inginkan, asalkan kamu tetap memperhatikan keempat cara yang ada di atas, agar rok hasil sentuhan tangan kamu pun juga menampilkan hasil yang memuaskan serta dapat kamu kenakan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *