Burkini : Pakaian Muslim Untuk Berenang

Sebagai seorang muslimah sejati, menutup aurat pastinya adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Namun, terkadang pilihan untuk memakai pakaian yang tertutup dapat menghalangi kita untuk melakukan beberapa hal yang biasa dilakukan oleh orang lain. Sebagai contoh, banyak wanita muslim berhijab yang tak bisa berenang di ruang publik. Untungnya, sekarang telah hadir sebuah pakaian muslim untuk berenang khusus untuk wanita berhijab yang bernama Burqini atau Burkini.

Burkini didesain oleh dan untuk wanita muslimah agar olahraga publik bukan lagi sebuah angan. Burkini sendiri didesain oleh seorang warga Australia berdarah Lebanon bernama Aheda Zanetti. Nama Burkini sendiri merupakan gabungan antara kata Burka dan Bikini. Burkini sangatlah nyaman karena terbuat dari bahan yang enteng dan cepat kering. Sebelum Burkini diluncurkan, sebenarnya sudah ada beberapa jenis pakaian renang yang ditujukan untuk wanita muslim yang antara lain adalah produk Veilkini. Meskipun begitu, produk-produk sebelumnya banyak menuai kritik karena mereka menggunakan material-material yang cukup berbahaya dan tidak praktis seperti Lycra dan Neoprene.

Burkini sendiri didesain dengan material yang sangat nyaman. Materialnya menyerupai bahan pakaian menyelam, namun lebih longgar. Bahannya yang enteng tidak akan memberatkanmu ketika berenang. Ditambah lagi, bahan Burkini juga cepat kering sehingga kamu bisa tetap kering meskipun berenang di lautan. Burkini juga tidak memperlihatkan lekuk tubuh, sehingga tidak perlu khawatir melanggar keyakinan. Burkini ini dibuat longgar sehingga tidak memperlihatkan lekukan-lekukan tubuh. Ditambah lagi, Burkini juga memiliki penutup kepala seperti hijab yang tidak mudah copot meskipun dipakai untuk menyelam. Dan pastinya, Burkini sangatlah menutup aurat, dengan bukaan hanya di bagian mata, telapak tangan, dan juga kaki.

Layaknya baju renang atau pakaian mode lainnya, Burkini tentunya juga dibuat dengan berbagai macam pilihan warna dan motif. Warna-warnanya pun cukup bervariasi mulai dari yang berwarna cerah seperti pink, biru, dan ungu hingga yang gelap seperti warna hitam. Kamu pun bisa tetap bergaya dan memilih baju renang sesuai dengan selera pribadimu masing-masing

Burkini pun juga sering dipakai oleh orang-orang non-muslim. Burkini banyak sekali memiliki fungsi seperti perlindungan menyeluruh dari sinar UV atau matahari. Banyak orang non-muslim yang memakai burkini untuk berenang karena alasan kesehatan, terutama mereka yang khawatir akan terkena kanker kulit. Burkini sendiri juga sering dipakai oleh orang-orang non-muslim karena alasan religius. Di Israel, pakaian muslim ini cukup populer di antara Yahudi Tradisional yang juga selalu memakai pakaian tertutup.

Untuk kamu yang ingin berenang di publik tanpa berkompromi dengan keyakinanmu sebagai seorang gadis muslimah, burkini dapat menjadi jawaban yang tepat untukmu. Selain menutup aurat, Burkini juga sangat modis dan sehat untukmu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *