Berikut 4 Tips Memilih Cadar Muslim yang Nyaman Dipakai

Sebagian besar muslimah di tanah air kini sudah mulai memakai atau belajar memakai cadar muslim yang menutup wajah agar terlindung dari lawan jenis. Wajah memang menjadi bagian tubuh yang boleh diperlihatkan kepada siapa saja termasuk yang bukan mahramnya. Hanya saja bagian wajah ini kerap menjadi pemicu lawan jenis tertarik sehingga dengan memberi cadar atau penutup di wajah bisa memberi perlindungan lebih. Apalagi memakai cadar termasuk ke dalam ibadah sunnah, yang otomatis memberi pahala bagi siapa yang memakainya.

Berikut 4 Tips Memilih Cadar Muslim yang Nyaman Dipakai

Tips Memilih Cadar

Memakai cadar ini di masa awal memang agak sulit, pertama dari penentuan cadar yang tepat. Kemudian bagaimana tetap beraktivitas dengan mudah setelah memakainya terutama ketika makan. Kesulitan ini perlahan hilang seiring terbiasanya memakai cadar, dan untuk masa belajar baiknya pilih cadar yang tepat. Berikut tipsnya:

  • Bijak dalam menentukan warna,

Warna dari cadar ini ternyata tidak sebatas pada warna gelap, beberapa produsen juga menghadirkan warna cerah. Disarankan untuk tahap belajar memilih warna cadar yang disukai agar merasa nyaman dulu. Kemudian warna cerah biasanya juga lebih adem karena tidak menyerap panas, jadi silahkan menjadikannya sebagai pilihan.

  • Pilih yang bahannya nyaman,

Bahan untuk pembuatan cadar muslim jelas wajib sekali untuk diperhatikan karena tidak semua kain di dunia ini bisa membantu kegiatan bernafas. Berhubung cadar dipakai menutup hidup sampai ke bawah maka jangan sampai kain cadar tersebut menjadi penghalang kegiatan bernafas. Supaya tidak pingsan kehabisan oksigen pilih yang tipis dan berpori namun tidak transparan, sehingga nyaman dan bisa memberikan sirkulasi udara yang baik dan tidak perlu berteriak saat berbicara.

  • Cari ukuran yang tepat,

Ukuran dari cadar ini juga menjadi pertimbangan penting agar mendapatkan pilihan yang terbaik. sebab bisa menentukan panjang pendek cadar serta ukuran panjang pendek tali untuk mengikat cadar tersebut. Panjang cadar baiknya di atas kerudung yang dikenakan, sehingga jangan terlalu panjang yang membuatnya mudah tersangkut ke samping sewaktu terkena angin. Kemudian untuk panjang tali idealnya lumayan panjang supaya bisa dengan mudah diikat ataupun dilepas serta menjamin cadar ini tidak terlalu sesak di wajah.

Baca juga Memakai Cadar Muslim Rupanya Memberi 4 Manfaat Ini!

  • Modelnya enak dipakai beraktivitas,

Model dari cadar ini cukup banyak paling simpel adalah cadar tali sehingga talinya tinggal diikat ke belakang kepala. Namun beberapa cadar dibuat ada bando, ada bandana, talinya disembunyikan ke bagian dalam, dan lain sebagainya. dalam menentukan model baiknya disesuaikan dengan kegiatan agar tidak mudah tersingkap dan memperlihatkan bagian wajah yang ditutupi. Kemudian modelnya mudah dipakai jangan sampai kebutuhan sholat Anda diprotes rekan sekantor karena terlalu lama mengurus cadar muslim yang dipakai.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *