Batik Muslim, Simbol Kekayaan Budaya Indonesia

fashionities.com-batik muslim

Batik merupakan bagian identitas Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki versinya masing-masing, dengan desain yang kompleks dan makna mendalam di tiap goresannya. Batik juga menyimpan sejarah panjang, sehingga wajar jika batik menjadi salah satu simbol Indonesia. Menariknya, dengan semakin meningkatnya tren busana muslim, banyak pula yang memadukan batik dan busana gamis tersebut menjadi batik muslim.

Bukan suatu hal yang mengejutkan ketika melihat busana muslim modern di Indonesia sekarang ini banyak menggunakan pola-pola batik. Fusion atau perpaduan dari keduanya telah menunjukkan kekayaan budaya di Indonesia saling berpadu satu sama lain, di mana tradisi bertemu dengan keyakinan. Hasilnya adalah sesuatu yang indah, busana yang patut dibanggakan dan ditunjukkan ke luar negeri.

Sebelum melihat kombinasi model dalam batik muslim, mari lihat jenis batik yang biasanya dipilih menjadi motif di baju gamis tersebut:

  • Batik Keraton

Batik ini merupakan batik yang lahir di kalangan keraton dan pada mulanya hanya diperuntukkan bagi para bangsawan saja. Nuansa warnanya biasanya adalah coklat, dengan motif yang cenderung cukup kompleks.

  • Batik Sekar Jagad

Berasal dari Yogyakarta, batik ini memiliki makna keindahan yang sangat mempesona. Beberapa orang menganggap nama batik tersebut merujuk pada motifnya yang seperti kumpulan pulau.

  • Batik Sidomukti Magetan

Batik dengan motif dasar berupa bambu yang biasa dipakai di acara resmi. Makna dari motif ini sendiri adalah ketenangan secara fisik maupun rohani.

  • Batik Solo

Berasal dari Solo, berwarna kecoklatan, dengan bentuk gelombang yang mirip sungai Bengawan Solo. Di dalamnya, motif ini penuh dengan motif kecil-kecil dan rumit.

  • Batik Pekalongan

Lebih berwarna-warni dibandingkan batik-batik lainnya, motif dari batik ini biasanya berbentuk flora dan fauna, dan banyak dipengaruhi budaya luar.

  • Batik Mega Mendung

Motif batik dari Cirebon dengan pola awan dan berwarna biru tua, merah tua, dan warna-warna gelap lainnya.

Masih banyak lagi motif-motif batik yang bisa dipadukan dengan busana muslim, seperti motif batik Malang yang cerah dengan pola tanamannya, batik Tasik yang bermotif rerumputan dan alam, batik Kawung yang merupakan motif batik paling tua di Indonesia dan hanya bisa dipakai raja dan permaisuri, batik Jepara dengan batik tulisnya yang bergambar daun ulir, flora, serta fauna, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Memilih Batik Muslim Pria Terbaru

Kemudian, saat baju gamis dan juga batik ini dipadukan menjadi satu, maka yang akan didapatkan adalah contoh-contoh baju muslim berikut ini:

  • Kerudung batik

Model seperti ini cukup memanfaatkan batik untuk menjadi motif di bagian kerudung saja, sementara pakaian dibiarkan polos.

  • Cardigan batik

Untuk yang suka dengan layering, baju muslim dipadu dengan cardigan bermotif batik juga bisa menjadi pilihan.

  • Pakaian motif batik

Ada juga atasan dengan motif batik di bagian ujung lengan dan kerah untuk yang ingin minimalis, atau atasan semua dipenuhi dengan motif batik.

  • Full batik

Dengan kombinasi warna yang kontras dan colorful, serta motif batik senada dari atas sampai bawah, Anda mendapatkan baju muslim yang unik.

Perpaduan antara batik dan baju muslim menjadi batik muslim adalah hal yang patut untuk Anda pertimbangkan ketika Anda mencari ide untuk pakaian formal untuk ke pesta atau undangan. Dengan mengenakan pakaian bermotif batik, itu berarti Anda sekalian juga menunjukkan bahwa Anda bangga dengan identitas Anda sebagai orang Indonesia. Tapi terlepas dari kebanggaan tersebut pun, segi estetik batik sendiri bisa jadi alasan memakainya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *