4 Jenis Bahan yang Cocok Dipakai Sebagai Bahan Pada Pola Rok yang Dibuat

Bagi seorang penjahit tentu hafal betul langkah-langkah membuat pola rok agar nanti model yang diinginkan bisa menjadi bentuk fisik. Pembuatan rok sendiri memang akan dimulai dari pembuatan desain, baru kemudian membuat pola, mencari bahan, memotong bahan sesuai pola, dan dijahit. Hasil akhir kadang kala akan berbeda dengan apa yang ada di dalam pikiran, bisa disebabkan karena pembuatan pola yang masih keliru atau salah mengukur pada saat memotong bahan. Intinya dalam proses menjahit entah rok, blouse, gamis, dan lain-lain butuh kejelian.

Kenali Jenis Kain Terbaik dalam Pembuatan Rok

Rok merupakan pakaian khusus wanita yang menutupi pinggang sampai paha, lutut, atau paling panjang sampai ke mata kaki. Sebagai model pakaian yang memberi kesan feminin tentu idealnya terbuat dari kain yang nyaman dan berikut jenis bahan yang ideal dijadikan pilihan:

Baca juga: Membuat Dasar Pola Rok

  • Menggunakan kain linen,

Linen menjadi salah satu jenis kain yang dikenal sangat efektif menyerap keringat sehingga sangat sering dipakai dalam pembuatan busana. Meski karakternya mudah kusut namun soal kenyamanan tidak perlu diragukan. Maka sangat cocok dijadikan bahan pembuatan rok supaya membuat pemakai rok linen mudah bergerak sepanjang hari.

  • Memanfaatkan kain katun,

Mayoritas rok wanita dibuat dari bahan katun karena memang punya banyak sifat unggul dibanding jenis kain lainnya. Katun menjadi pilihan terbaik untuk pembuatan rok karena memang memberi efek dingin ketika dipakai. Selain itu tidak mudah kusut, dan perawatannya pun mudah sekaligus tahan lama. Merealisasikan bentuk fisik dari pola rok yang telah dibuat bisa mempertimbangkan kain katun ini. Semakin bagus kualitas katunnya maka dijamin akan semakin nyaman dipakai saat rok tersebut sudah jadi.

  • Mempertimbangkan kain denim,

Denim merupakan jenis kain yang dibuat dari perpaduan tiga bahan, yakni katun, linen, dan juga kain wol. Maka jangan heran jika denim ini memiliki berat lebih lumayan ketimbang jenis kain lainnya namun punya sifat melar. Selain cocok dijadikan bahan pembuatan celana baik panjang maupun pendek juga menjadi pilihan tepat dalam pembuatan rok. Rok denim akan cocok dipakai saat acara santai sebab kesan dari tampilan kain denim memang lebih santai. Namun, pada saat menjahit gunakan jarum lebih besar karena lebih tebal.

  • Membuat rok dari kain satin,

Kain satin memang terbilang ideal dipergunakan sebagai bahan pembuatan rok sehingga bisa dipertimbangkan. Kain ini memiliki tekstur yang sangat halus cenderung licin karena jalinan benang yang lebih jarang ketimbang kain lainnya. Tekstur licin ini berpadu dengan warnanya yang cenderung mengkilap, sehingga sering dipakai sebagai pembuat baju pesta. Selain itu satin juga ringan, sangat cocok untuk mewujudkan pola rok model lipit baik panjang maupun pendek sebab akan ringan pada saat dipakai.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *